Murbei

Nama latin: Morus alba L.

Deskripsi Umum

Murbei merupakan tanaman asli dari daerah utara cina dan sekarang telah dibudidayakan di berbagai tempat, baik daerah dengan iklim subtropis maupun tropis. Tanaman ini tergolong tanaman yang cepat tumbuh, berumur pendek, dan memiliki tinggi relatif mencapai 10-22 m dengan diameter 0,5 cm. Tanaman murbei tumbuh baik pada ketinggian lebih dari 100 mdpl dan cukup matahari.

Manfaat & Khasiat

Murbei dikenal juga sebagai tumbuhan sutra karena dapat dijadikan tempat hidup ulat sutra. Selain bermanfaat dalam memproduksi sutra, secara empiris masyarakat telah memanfaatkan murbei sebagai obat tradisional untuk flu, malaria, hipertensi, asma, obat hipertensi, palpitasi, iabetes, insomnia, vertigo, anemia, hepatitis dan diabetes melitus (Hariana, 2008). Ekstrak etanolik daun tanaman ini dilaporkan memiliki khasiat sebagai antikanker secara in vitro karena memiliki kandungan fitokimia seperti quercetin dan anthosianin (Kim et al., 2000; Chen et al., 2006)

Jurnal Pendukung

Chen, P.N., 2006, Mulberry anthocyanins, cyanidin 3-rutinoside and cyanidin 3-glucoside, exhibited an inhibitory effect on the migration and invasion of a human lung cancer cell line, Cancer Letter; 235 (2): 248-259

Hariana, H. A. 2008. Tumbuhan Obat dan Khasiatnya Seri 1. Jakarta: Penebar Swadaya.