Markisa

Nama Latin: Passiflora edulis

Deskripsi Umum

Markisa, juga dikenal sebagai buah markisa atau passion fruit dalam bahasa Inggris, adalah sejenis buah yang berasal dari keluarga Passifloraceae. Buah markisa biasanya memiliki bentuk bulat atau oval dengan kulit yang keras dan berkerut. Kulit buahnya dapat bervariasi dari kuning, oranye, hingga ungu gelap, tergantung pada varietasnya. Daging buah markisa memiliki tekstur yang lembut dan berair, sering kali berwarna oranye atau kuning. Buah ini memiliki aroma yang kuat dan rasa yang khas, kombinasi antara manis dan asam. Di dalam buah markisa terdapat biji-biji kecil yang dapat dikonsumsi bersama dengan daging buahnya. 

Buah markisa sering digunakan dalam pembuatan minuman, jus, es krim, saus, dan makanan penutup lainnya. Rasa uniknya sering digunakan sebagai tambahan dalam campuran rasa makanan dan minuman. Selain buahnya, markisa juga memiliki bunga yang indah dan menarik. Bunga markisa memiliki kelopak yang berwarna cerah dengan struktur yang rumit. Bunga ini sering dihargai sebagai tanaman hias. Markisa biasanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Buah ini dikenal akan kepekaannya terhadap suhu dingin dan membutuhkan cahaya matahari yang cukup. Markisa dapat tumbuh sebagai tanaman merambat atau ditanam dalam pot.

Manfaat & Khasiat

  • Kaya akan antioksidan: Markisa mengandung banyak antioksidan, seperti vitamin C dan flavonoid, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan tersebut dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Meningkatkan pencernaan: Serat yang terkandung dalam markisa membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.
  • Mendukung kesehatan jantung: Markisa rendah lemak dan kolesterol, namun kaya akan serat, kalium, dan vitamin C. Konsumsi markisa dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
  • Menurunkan tekanan darah: Kandungan kalium dalam markisa dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kalium adalah mineral penting yang membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.
  • Menyehatkan kulit: Vitamin C dan antioksidan dalam markisa membantu menjaga kesehatan kulit dengan melawan kerusakan akibat radikal bebas. Markisa juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, yang penting untuk menjaga elastisitas dan kecerahan kulit.

Jurnal Pendukung

Prabowo, B. (2021). Pemanfaatan Buah Markisa Menjadi Produk Olahan Bernilai Ekonomis di Kelurahan Sukorame Gresik. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2 (9), 1510–1518.