Kunyit

Nama Latin: Curcuma longa

Deskripsi Umum

Kunyit atau Curcuma longa adalah sejenis tanaman yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, khususnya India, Indonesia, dan bagian selatan Cina. Tanaman ini termasuk dalam keluarga Zingiberaceae, yang juga mencakup jahe dan lengkuas. Morfologi dari akar kunyit berbentuk bulat dengan rimpangnya yang panjang dan dapat menumbuhkan tunas baru. Kunyit telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional, bahan masakan, hingga bahan pewarna dengan warna kuningnya sejak 600 SM. Sebagai obat tradisional, kunyit banyak digunakan untuk mengobati penyakit demam, diare, sesak nafas, hingga hipertensi karena secara ilmiah kunyit memiliki kandungan antimikroba dan antioksidan. Di India, masyarakat menggunakan kunyit sebagai obat untuk memudahkan proses pencernaan dan memperbaiki perjalanan usus. Di Indonesia, kunyit digunakan sebagai obat untuk melawan penyakit yang berhubungan dengan empedu hingga penyakit hepatik.

Manfaat & Khasiat

  1. Antioksidan: Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang memiliki aktivitas antioksidan yang efektif dan kuat serta telah terbukti dapat menjadi obat terapi. 
  1. Antibakteri: Kandungan antibakteri pada ekstrak air kunyit terbukti memberikan efek terhadap 13 jenis bakteri dan dapat menghambat aktivitas 8 jenis bakteri.
  1. Antivirus: Kandungan kurkumin dalam kunyit terbukti memiliki antivirus terhadap virus influenza PR8, H1N1, dan H6N1.
  1. Antifungi: Kandungan metanol dalam kunyit terbukti memiliki aktivitas penghambat yang besar terhadap kontaminasi jamur.
  1. Antimalaria: Kandungan kurkumin terbukti mampu mencegah malaria serebral, komplikasi neurologis, dan menghindari efek paling parah akibat penyakit malaria.
  1. Antikarsinogenik: Sifat antioksidan dan mampu menghambat radikal bebas dari kurkumin terbukti dapat menghambat senyawa penyebab karsinogen atau pemicu kanker.

Jurnal Pendukung

Septiana, E., & Simanjuntak, P. (2015). AKTIVITAS ANTIMIKROBA DAN ANTIOKSIDAN EKSTRAK BEBERAPA BAGIAN TANAMAN KUNYIT (Curcuma longa). Fitofarmaka, 5.

Shan, C. Y., & Iskandar, Y. (2018). STUDI KANDUNGAN KIMIA DAN AKTIVITAS FARMAKOLOGI TANAMAN KUNYIT (Curcuma Longa L,). Farmaka, 16.