Jeruk Nipis

Nama Latin: Citrus aurantifolia

Deskripsi Umum

Jeruk nipis, juga dikenal sebagai jeruk purut atau jeruk limau dalam beberapa bahasa, adalah buah kecil yang berasal dari pohon jeruk purut (Citrus aurantifolia). Jeruk nipis memiliki kulit hijau kekuningan yang tipis dan dagingnya berwarna kuning pucat. Rasanya sangat asam dan segar, dan sering digunakan dalam masakan dan minuman untuk memberikan rasa segar dan aroma khas. Jeruk nipis memiliki banyak kegunaan dalam dapur dan bidang kesehatan.

Manfaat & Khasiat

Bangsa-bangsa di Asia Tenggara sering menggunakan jeruk nipis bagai salah satu bahan ramuan obat tradisional Jamu untuk kebugaran tubuh agar sehat dan awet muda, sebagai obat batuk, encok, memar, menghilangkan keseleo. Jeruk nipis juga dibutuhkan oleh kaum wanita ketika mengalami haid, hamil muda, melahirkan, kecantikan, dan menjaga kondisi badan agar tetap singset. Di dapur, jeruk nipis sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam saus, marinasi, minuman, atau sebagai perasa dalam hidangan seperti ikan, makanan laut, dan salad. Rasanya yang asam dapat membantu memperkaya cita rasa makanan. Dalam Kesehatan jeruk nipis mempunyai beberapa manfaat yaitu :

  • Sumber vitamin C: Jeruk nipis mengandung vitamin C yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.
  • Antioksidan: Seperti banyak buah sitrus lainnya, jeruk nipis mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.
  • Sifat antibakteri: Jeruk nipis memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan pertumbuhan bakteri jahat dalam tubuh.
  • Pencernaan: Beberapa orang percaya bahwa jeruk nipis dapat membantu pencernaan dan mengurangi masalah pencernaan seperti perut kembung dan sembelit.
  • Perawatan kulit: Jeruk nipis sering digunakan dalam perawatan kulit, seperti masker wajah atau perawatan jerawat, karena kandungan vitamin C dan sifat penyegar kulitnya.

Jurnal Pendukung

Prastiwi, S. S., & Ferdiansyah, F. (2017). Kandungan dan Aktivitas Farmakologi Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia Swing.). Farmaka, 15(2), 1-8.
Sarwono, B. (2001). Khasiat dan manfaat jeruk nipis. AgroMedia.