Jahe

Nama latin: Zingiber officinale Rosc.

Deskripsi Umum

Tanaman jahe (Zingiber officinale Rosc.) berasal dari Cina dan India yang dikenal sebagai sebuah negara dimana jahe digunakan sebagai obat. Jahe tumbuh subur di ketinggian 10-1500 m dpl. Suhu yang diperlukan untuk pertumbuhan jahe optimal adalah 25-30oC. Karakteristik tanaman jahe antara lain memiliki akar serabut, batang tanaman jahe beruas-ruas yang menjalar di bawah tanah. Batang jahe berupa umbi untuk menyimpan cadangan makanan (rhizoma). Daun tanaman jahe panjang dengan tulang daun sejajar.

Manfaat & Khasiat

Jahe (Zingiber officinale) bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, bahan obat tradisional, atau dibuat minuman. Rimpang jahe digunakan sebagai ramuan obat luar (boreh) untuk mengobati penyakit rematik (tuju), dan ramuan membuat minuman untuk mengobati penyakit impoten (wandu).

Jahe berkhasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan yang berisiko terhadap kanker usus besar dan sembelit, menyembuhkan penyakit flu, meredakan mual-mual pada wanita yang sedang hamil, mengurangi rasa sakit saat siklus menstruasi, mengurangi risiko serangan kanker colorectal, dan membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Jurnal Pendukung

Fathiah, F. (2022) ‘Identifikasi Tanaman Jahe (zingiber officinale) Berdasarkan morfologi’, Agrifor, 21(2), p. 341. doi:10.31293/agrifor.v21i2.6315.