Jahe Merah Susu

Nama Latin: Zingiber officinale var. Rubrum

Deskripsi Umum

Jahe merah adalah salah satu varietas jahe yang memiliki warna merah pada bagian dalamnya. Jahe merah berasal dari Asia Tenggara, terutama Indonesia, dan umumnya digunakan sebagai bumbu dalam masakan, baik dalam bentuk segar, serbuk, atau ekstrak. Rasanya yang pedas dan harum memberikan cita rasa yang khas pada makanan dan minuman. Selain sebagai bumbu masakan, jahe merah juga digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan gangguan pencernaan, mengurangi mual, meredakan nyeri sendi dan otot, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat & Khasiat

Manfaat kesehatan jahe merah diduga berasal dari sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba yang dimilikinya. Jahe merah juga diketahui memiliki efek pemanasan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jahe merah dapat membantu mengurangi gejala mual dan muntah, meredakan nyeri dan peradangan, serta meningkatkan pencernaan.

Selain digunakan secara langsung, ekstrak jahe merah juga sering digunakan sebagai bahan dalam produk-produk makanan, minuman, dan suplemen kesehatan. Minuman jahe merah seperti wedang jahe atau teh jahe sering diminum sebagai minuman penambah stamina dan menjaga kesehatan.

Meskipun jahe merah memiliki banyak manfaat, sebaiknya konsultasikan dengan ahli kesehatan sebelum mengonsumsinya secara rutin, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Jurnal Pendukung

Fauzan, Rachmad. (2020). Jahe Merah. http://cybex.pertanian.go.id/artikel/95939/jahe-merah/. Diakses pada 18 Juli 2023

Aryanta, I Wayan R. (2019). Manfaat Jahe Untuk Kesehatan. E-Jurnal Widya Kesehatan ,Volume 1, Nomor ; 2 Oktober.