Asem

Nama Latin: Tamarindus indica

Deskripsi Umum

Tamarindus indica atau yang sering dikenal dengan nama asam Jawa merupakan salah satu tumbuhan multifungsi yang banyak ditemukan di Indonesia terutama di Pulau Jawa. Pemberian nama asam Jawa pada tanaman ini diduga berhubungan dengan rasa buahnya yang asam dan banyak ditemukan di Pulau Jawa. Masyarakat lokal Indonesia telah lama memanfaatkan asem untuk berbagai keperluan seperti bahan arang, kayu bakar, obat tradisional, dan bahan pangan.man (Obulesu dan Bhattacharya 2011).

Penambahan ekstrak pulp buah asem pada berbagai makanan maupun minuman memberi efek yang menyegarkan serta memberi aroma yang khas sehingga meningkatkan cita rasanya. Buah asem memiliki rasa asam manis berhubungan dengan kandungan yang tinggi asam tartarat dan gula pereduksi (De Caluwé et al 2010).

Manfaat & Khasiat

  • Sumber vitamin C: Buah asem jawa mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.
  • Meningkatkan pencernaan: Asem jawa memiliki sifat pencahar alami yang membantu meningkatkan pergerakan usus dan meringankan masalah pencernaan seperti sembelit.
  • Menurunkan kolesterol: Konsumsi asem jawa diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga baik untuk kesehatan jantung.
  • Antiinflamasi alami: Kandungan senyawa antiinflamasi dalam asem jawa membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan gejala kondisi inflamasi.
  • Membantu mengontrol diabetes: Asem jawa dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.
  • Meningkatkan kesehatan kulit: Ekstrak asem jawa sering digunakan dalam produk-produk perawatan kulit karena memiliki sifat antioksidan dan antibakteri, membantu melawan jerawat, dan menjaga kulit tetap bersih dan sehat.
  • Mendukung kesehatan mata: Vitamin A yang terkandung dalam asem jawa bermanfaat untuk kesehatan mata dan dapat membantu mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula.
  • Menurunkan berat badan: Asem jawa dapat membantu menekan nafsu makan dan mengontrol rasa lapar, sehingga dapat menjadi dukungan dalam program penurunan berat badan.

Jurnal Pendukung

Silalahi, M. (2020). Bioaktivitas Asam Jawa (Tamarindus Indica) dan Pemanfaatannya. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 7(2), 85-91.