MMD-1000D UB Mengadakan Kegiatan Penanaman Kembali Tanaman Obat Keluarga

Desa Kotes merupakan desa yang berada di wilayah kecamatan Gandusari, kabupaten Blitar, Jawa Timur yang sudah berhasil memproduksi minuman hasil dari Tanaman Obat Keluarga seperti Murbei, Temulawak, Kunci Suruh, Jahe, Gula Asem, Kunyit Asem, Kencur, Markisa, Jeniper dan lain lain. Namun seiring dengan berjalannya waktu tanaman obat keluarga yang ada di desa Kotes semakin berkurang. Maka dari itu Mahasiswa Membangun 1000 Desa Kelompok 357 melakukan penanaman kembali Tanaman Obat Keluarga untuk menambah jumlah tanaman toga di desa Kotes dengan harapan jumlah populasi tanaman obat keluarga desa kotes tetap terjaga agar produksi tanaman toga tetap berlangsung.

Salah satu program kerja MMD UB Kelompok 357 adalah Penanaman Kembali Tanaman Toga yang diadakan pada hari Sabtu, 8 Juli 2023 yang dihadiri oleh Kepala Desa, Ketua Dusun Semanding dan Anggota Kelompok Wanita Tani serta seluruh anggota kelompok MMD UB. Dalam sambutannya, Kepala Desa Kotes, Maryana, S.E sangat mengapresiasi atas dilakukannya penanaman kembali tanaman toga yang dilakukan pada beberapa deplot di Desa Kotes.

Peresmian atas kegiatan penanaman kembali tanaman toga ditandai dengan penanaman tanaman jeruk nipis bersama Kepala Desa, Maryana, S.E, kepala Dusun Semanding, Imam Musthofa, dan perwakilan dari ibu-ibu KWT Berkah Makmur. 

Sebelum bibit ditanam di area deplot RT, mahasiswa MMD melakukan pembersihan deplot terlebih dahulu, guna membuat proses perawatan tanaman toga dalam jangka waktu panjang menjadi maksimal.

Pembersihan salah satu deplot tanaman toga di Desa Kotes

Penanaman bibit dilakukan di 9 deplot RT masing-masing dengan tanaman toga yang bersangkutan, dengan jenis tanaman toga sebagai berikut:

  • Kunci Suruh
  • Jeruk Nipis
  • Jahe Susu Merah
  • Kunyit
  • Cabe Puyang
  • Kencur
  • Markisa
  • Moringa
  • Jasmine Lemon

Proses penanaman bibit dilakukan selama 2 hari, dimulai dari tanggal 8 Juli 2023, hingga tanggal 9 Juli 2023.

Penanaman bibit di deplot Jahe Susu Merah RT 2 / RW 1

“Saya sangat mengapresiasi atas tindakan yang dilakukan oleh adik adik mahasiswa  MMD Universitas Brawijaya yang telah memiliki kepedulian untuk desa kotes serta saya berharap dengan adanya kegiatan ini warga desa kotes akan lebih peduli dan penuh dengan motivasi untuk pengembangan Tanaman Toga serta bukan tentang berapa jumlah bibit yang adik adik berikan namun ini mengenai motivasi kesadaran akan tanaman Toga”, kata bapak Maryana, S.E. selaku Kepala Desa Kotes.

Dengan adanya Kegiatan penanaman kembali tanaman toga ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk lebih peduli lagi dengan Tanaman Toga karena tanaman toga merupakan aset penting untuk menuju perkembangan Kampung Wisata Desa Kotes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *